Sejarah Perkembangan Anyaman

December192012
Perkembangan Sejarah anyaman tidak jauh berbeda dengan perkembangan seni tembikar. Jenis seni anyaman pada masa Neolitik kebanyakan adalah menghasilkan tali, alat rumah tangga dan keperluan kehidupan sehari-hari. Akar, bambu dan rotan adalah bahan utama yang sering digunakan untuk menghasilkan anyaman.
Dahulu di Indonesia anyaman digunakan oleh para raja. Anyaman tersebut dinamakan ‘Tikar Raja’ yang dibuat dari pohon bemban. Sehingga kini beberapa daerah di Indonesia khususnya di Jawa Barat masih terus aktif menjalankan kegiatan anyaman di tingkat kampung, bahkan menjadi komoditi export ke luar wilayah bahkan keluar negeri.
Diantara daerah di Jabar yang terkenal dengan kerajinan anyaman sebagai mata pencaharian masyarakatnya adalah : Ciamis (raja desa), Garut, Majalengka (boko mindi, nyiru salagedang & trajaya, kukusan/aseupan patuanan, caping heuleut), dll. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kemjuan teknologi sedikit demi sedikit kerajinan anyamanpun sudah mulai tergantikan oleh bahan plastik, disamping lebih awet, harganyapun terbilang lbih murah ketimbang anyaman yg sudah terbilang barang antik. Ironis memang, disatu sisi pemerintah mengembar-gemborkan "greenlife" hidup alami, menggunakan barang-barang alami seperti anyaman yang notabene memanfaatkan kekayaan alam sekaligus membangkitkan perekonomian daerah, tapi disisi lain persaingan global telah menggerus segala kebijakan pemerintah dalam hal subsidi rakyat. Mengingat hal tersebut, sebagai warga masyarakat yang ingin merasakan indahnya "berdiri di kaki sendiri" sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan anyaman yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian masyarakat.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

1 tanggapan untuk "Sejarah Perkembangan Anyaman"

Sentra Anyaman pada 05:20 PM, 21-Dec-12

Kami menerima masukan dari pengunjung yang lebih bnyak mengetahui sejarah anyaman sebagai tambahan artikel kami yang masih sangat sederhana.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas